Total Tayangan Halaman

Kamis, 02 Mei 2013

Mereka Datang

Datang mereka dengan banyaknya masalah. Tersenyum atau diam dengan penuh maksud. Aku tahu apa-apa mereka ingin katakan. Mungkin penuh lugas,"aku memiliki masalah." Aku akan menjawab,"semua orang memiliki masalah." Jika mereka bertanya, "apakah aku pernah mengalami kegagalan?" Aku menjawabnya,"aku harus gagal supaya dapat berhasil. Bila tidak gagal bagaimana dapat berhasil." Biasanya mereka terdiam tidak mengerti atau ingin memahami apa yang baru saja ku katakan. Aku tambahkan lagi,"tapi jangan gagal terlalu banyak nanti tidak berhasil. Dengan maksud segalanya harus dipikirkan terlebih dahulu sebelum bertindak." Lebih baik mana cepat bertidak atau berpikir lalu bertindak? Keduanya dapat benar, bila hasilnya benar. Keduanya dapat salah, bila hasilnya salah. Terjadilah apa yang disebut salah menjadi masalah. Orang menyebutkan masalah dan tidak pernah tahu itu adalah kesalahan dirinya sendiri. Salah berpikir, salah merasa, salah bertindak, salah berucap, salah melihat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar